Petchaburi Soi 7 – Masjid Darul Aman dan Warung Halal

Cara termudah mencari makanan halal di Bangkok agaknya adalah mengidentifikasi dimana letak masjid karena hampir pasti di sekitar masjid ada komunitas muslim dan sebagian dari bisnis komunitas mereka adalah makanan halal. Seperti halnya di soi 7 jalan Petchaburi ini. Di sekitar masjid di soi ini, banyak tersedia makanan halal. Berikut ini posting pendek tentang masjid dan warung-warung halal di Jl. Petachaburi soi 7 atau yang biasa disebut soi Surao (karena ada masjid di soi ini).

Masjid yang berada di Petchaburi soi 7 ini bernama Masjid Darul Aman. Masjid yang berlantai dua ini berada tidak jauh dari jalan Petchaburi (jalan utama), kurang lebih sepuluh meter. Di sekitarnya adalah pemukiman muslim Thailand yang sebagian dari mereka berasal dari Thailand selatan dan berbahasa melayu. Khotbah Jumat disampaikan dalam bahasa Thailand. Lihat juga foto-foto Masjid Darul Aman sehabis posting ini.

Di sekitar masjid ini banyak sekali warung-warung makan halal dan sebagian darinya menyebut dirinya restoran muslim. Dua restoran kecil halal yang berada tepat di pinggir jalan Petchburi, tak jauh dari soi 7, adalah Restoran Farida Fatornee dan Makyah. Yang belakangan ini mengingatkan saya pada warung makan  langganan dekat kos saat saya kuliah di Jogja dulu, warung Mbak Yah. Foto-foto bisa dilihat di bawah.

Kalau kita masuk ke soi 7, tak jauh dari masjid bertebaran warung-warung makanan halal dan penjual muslim makanan kecil atau ayam panggang di pinggir soi. Sebut saja warung Hayati, warung Ali Selatan, dan lainnya. Menu makanan khas Thailand yang rasanya alhamdulillah dan harganya pun alhamdulillah.

Lokasi Soi Surao ini hanya sekitar 3 menit jalan kaki dari stasiun BTS Ratchatewi. Nah, ini juga berarti juga tak jauh – sekitar 5 menit jalan kaki -dari KBRI dan Athen Apartment di soi 11, markas besar mahasiswa Indonesia yang kuliah di Bangkok. Jadi tak heran kalau soi 7 menjadi tempat favorit teman-teman mahasiswa dan staf KBRI untuk beribadah di Masjid Darul Aman dan makan di restoran atau warung makanan halal disekitar masjid.

Foto-foto Masjid Darul Aman

Warung Halal

Menu di warung Ali Selatan:

~ by syafnee on June 26, 2010.

23 Responses to “Petchaburi Soi 7 – Masjid Darul Aman dan Warung Halal”

  1. Hi, I’ll be visiting Thailand this July. I’ve been googling all the Halal Restaurants and most of them are located in Soi 7 Road. It’ll be my first visit so I would like to know what are the nearby famous attractions. So that I’ll know how far this area is from my hotel. I’d be thankful if you could reply this ASAP :) Thanks

    • Ardia, thanks for stopping by. have you booked your hotel? what hotel? anyway, if you want to know Petchaburi soi 7 relatif to other places, you can just google-map it. anyway, soi 7 is close to skytrain station and it is convenient and faster for you to go around city with this skytrain enables you to avoid typical traffic jam during week days. you can go thru some other articles in this blog about where to gel halal food in Bkk. have a nice trip in Bkk!

  2. Arrived in BKK 2 weeks ago and really want to go for Friday Prayers! How to go to Petchaburi Soi 7 by BTS? Secondly,are there any mosques near Mahidol University (next to Ramathibodi Hospital)?
    Thanks

    • sorry just replied. hope you find a way to a mosque as it is 1 hrs before the friday prayer now. anyway, soi 7 (Petchaburi road) is close to Ratchatewi BTS station. so, you get in from any BTS station ant stop at Ratchatewi station and walk another 5 min. I dont know any mosque near Mahidol Univ, but this mosque in soi 7 is in a descent distant from Mahodol univ. thanks for stoppin by.

  3. Assalamualaikum wr wb,
    Dua minggu lagi insyaAllah saya dan istri ke bangkok dan phuket.total seminggu.
    Bang Syafnee mungkin bisa kasih info :
    -tom yam halal yang paling enak di mana ya?apa betul di sara restauran new world hotel?
    -mushola yang paling bersih dan nyaman yang ada di mall mana?MBK,Siam Paragon atau Central World?
    -paling murah tukar baht di airport atau di kota?
    -taksi yang bisa dipercaya macam blue bird,kalau di bangkok cirinya apa?
    -dinner cruise yang paling ok,hemat dan halal dimana?
    -berapa ongkos taksi yg wajar dari phuket airport ke patong?
    Terimakasih
    Jazakallah khairan katsira
    wassalamualaikum wr wb

    • wa’alaykum salam wwb.. dengan segala keterbatasan, ini yang bisa saya sampaikan:
      - terus terang saya belum pernah ke sara restaurant new world.. menurut saya, tom yam di Usman retaurant saja juga sangat enak. kalau bapak sudah punya referensi ttg tempat tsb, ya monggo saja dicoba.
      - musholla di Sima Paragon menurut saya yang paling nyaman, meski tempat wudu cuma satu dan dipakai bersama antara wanita dan laki2.
      - airport atau kota sama, karena money changer sama saja: TMB, SCB, K Bank, dst..
      - taksi sini tidak ada yg standard spt Blue Bird kita.. sejauh ini yg relatif nyaman adalah taksi dua warna : atas Kuning, bawah Hijau.
      - maaf belum pernah dinner cruise, apalagi info halal ttg ini.
      - kebetulan saya juga belum pernha naik taksi di sana, pak. kalau ingin yg wajar tentu kita pilih taksi bermeter (harus tanya dulu ke sopir apakah dia pakai meter atatu model ‘tembak’). kalau sudha pasti taksi meter, baru kita naik.
      Mohon maaf kalau info tidak selengkap yang bapak harapkan.
      wassalamwwb…

      • terimakasih Pak Syafnee.
        Informasi anda sangat membantu perjalanan saya minggu lalu di Bangkok dan Phuket, catatan saya :
        - makan di KFC Siam Paragon mungkin halal, mengingat saya lihat ada remaja berjilbab berbahasa Thailand memesan makanan di sana. DI hotel All Season Victory Monument saya sempat ketemu ibu-ibu berjilbab dari Malaysia beserta suaminya menginap di sana juga, karena saya memesan makanan halal, pihak hotel menyiapkan sarapan potato mashed dan sayur mayur (insya Allah halal). Mereka respek saat istri melihat menu breakfast yang ada babi nya, dan membisiki bahwa sudah disiapkan menu khusus/halal. Tentang kehalalannya Insya Allah.
        - musholla Siam Paragoncukup besar dan bersih,meski tak sebesar di Suria KLCC
        - Saya menukar USD ke THB di Islamic Bank of Thai yang posisinya di dekat akses datang/pergi airport/citylink.eye catching. rate nya sama dengan di semua money changer airport. Kalau ambil tunai saya pakai kartu CIMB Niaga, meski kurs nya lebih mahal dari Mandiri (1THB=298IDR, Mandiri 1THB=297IDR) tapi bebas bea tarik tunai yg besarnya THB150/sekali tarik. Ambilnya di ATM CIMB Thai.
        - betul. saya dari All Season Victory ke Grand Palace pergi pulang pakai taksi meter kuning hijau hanya bayar THB 95 (macet-jam 8 pagi), baliknya hanya THB85 (jalan lancar). Sopirnya tua-tua/pensiunan kelihatannya,jujur dengan menunjukkan pintu Grand Palace yang benar (hati2 banyak calo di sekitar Grand Palace), AC taksinya sejuk dan terawat.
        - tidak jadi dinner cruise, jadinya nonton Siam Ocean World dan Cineplex Platinum di Siam Paragon. Cool
        kemampuan bahasa Inggris orang Thai kelihatannya mirip2 orang Indonesia,
        dan kesadaran wisata nya tinggi.

      • wah, jadi sudah khatam ya jalan2 di Bkk dan Phuket? syukurlah.. :) trims sharing-nya, ya.. pasti bermanfaat untuk pembaca lainnya. salam.

  4. Assalamualaikum Tuan,
    Saya bercadang nak ke Bangkok akhir bulan Oktober ini. Apakah hotel yang berdekatan dengan Masjid Darul Aman ini?
    Sekian, Wassalam

  5. betul. Samran hotel sangat dekat (berseberangan) dengan Petchaburi Soi 7 dimana Masjid Darul Aman berada. Eloknya masjid di Thailand bisa pasang pengeras suara, tidak seperti di Singapura, sehingga adzan di Masjid ini terdengar ke penjuru kota Bangkok.
    Tempat makan halal ada di sekitar situ, harga cukup murah, seperti di KL atau Jakarta. Pekan lalu saya makan di Hayati restoran.

  6. Alhamdulillah sudah selesai jalan-jalan di Thailand yang sangat nyaman untuk wisata. Fasilitas dan orang-orangnya siap menyambut wisatawan.
    Dan terimakasih dengan blog pak Syafnee yang banyak membantu.
    Tulisan pengalaman saya di Thailand saya tulis di blog : asambackpacker01.wordpress.com

  7. silakan tengok dan terimakasih :)

  8. Assalammualaikum….sedikit info utk dkongsi, hotel muslim d bangkok, regent hotel, rhamkamhaeng 22.kedai makanan muslim ada d dpn hotel tersebut.boleh brbahasa melayu.breakfast d hotel trsebut d jamin halal.

  9. salam pak ,
    saya dan isteri akan ke bangkok dan chiang mai pada april 2012, saya bercadang nak naik keretapi dari bangkok ke chiang mai dan saya akan menginap di bangkok city hotel sebab ramai yang cadangkan saya sewa dhotel itu kerana dekat dengan masjid dan makanan halal . boleh tak pak suggestkan hotel mana yang paling sesuai kami menginap di chiang mai dan kemana tempat yang bagus untuk dlawati dsana kerana kami akan berada disana hanya 1 hari saja dan di bangkok 5 hari .mana yang lebih murah untuk shopping di bangkok atau d chiang mai?

    • wassalamualaikum. saya pernah ke chiangmai sebagai backpacker, jadi saya menginap di guesthouse ala bacckpacker yang murah, 200-300 baht semalam. kalau bapak bersama istri mungkin harus menginap di hotel, bukan guesthouse. karena saya tak pernah di hotel, saya tak bisa beri rekomendasi hotel di chiangmai. saat di chiangmai, saran saya jangan lewatkan Wat Pratat (di Doi Suthep, kuil di atas bukit yang dari atas kuil ini kita bisa melihat keseluruhan kota chiangmai di bawah bukitnya), dan walk ningt market di tengah kota (old city). Kalau untuk shopping, harga hampir sama antara Bangkok dan Chiangmai. suggestion saya: belanja saja di Bangkok (bisa di Chatuchak, MBK mall, Platinum mall) yang pilihannya lebih banyak dan harga bisa ditawar.

  10. salam kenal mas, rencananya oktober ini saya mau ke bangkok, kasih informasi donk.. kalo hotel yang murah dekat MBK center apa ya? hmm kira2 harga taxi di sana kira2 berapa ya? makasih infonya :)

  11. Salam Saudara Syafnee, terima kasih atas informasi ini. Saya akan ke sana dan nginap di Pratunam. Kalau jalan kaki jauh tak dari Chid Lom ? Kalau naik BTS turun Rajadevi jalan arah mana?

    • Jalan kaki dari Chitlom lumayan jauh. Kalau turun di Ratchatewi, jalan ke utara sktr 30 m sampai bertemu crossroad, lalu belok kiri ( ke arah timur) sktr 100 m. Gang ke Masjid (soi 7) ada di sblh kanan jalan.

  12. Assalamualaikum wr wb,

    2 bulan lagi tepatnya februari 2013, saya dan teman-teman akan magang di kbri bangkok selama 1 bulan.
    mohon info tentang apartemen athens (harga, dll), soalnya aku cari di google nggak ada web resminya

    thank you

  13. Salam Pak. Kalo First Hotel di Petchaburi Road apa dekat dgn Masjid Darul Aman?

  14. assalamualiakum wr wb.. sahabat, saya mau bertanya brp harga harga apartemen yg dekat masjid darul aman? Insya Allah tahun depan saya ke Bangkok dan mampir ke Petchaburi Soi 7 lagi, karena kemarin tak sempat menginap di apartemen tsb.. Kira2 hotel mana yg murah dan terjangkau yg berdekatan ke masjid darul aman..mohon informasinya, trima kasih bnyk ya sahabat…

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

