MBK Center (Mah Boon Krong) – Belanja dan Makan Halal (bahasa)

MBK Mall! Apa shopping mall di Bangkok yang lebih popular dari ini? Sulit untuk mencari bandingannya. Beberapa orang mungkin akan menggaruk kepala dan menjawab ragu, “…Siam Paragon?” Tapi bagaimanapun, MBK Mall (versi singkat dari Mah Boon Krong Mall) telah dengan bangga mengklaim diri sebagai “the most visited mall in Bangkok“. Dan saat anda memasukinya, anda akan segera melihat bukti klaim itu: rata-rata 100,000 ribu orang per hari berkunjung ke mal ini!

MBK Center – yang terdiri dari gedung perkantoran 20 lantai, Hotel Pathumwan Princess 29 lantai, dan shopping center 8 lantai – berlokasi di pojok barat perempatan Pathum-wan, persimpangan antara Jl. Rama 1 dan Jl. Phaya Thai, tak jauh dari shopping mall terkenal lain seperti Siam Square, Siam Discovery, Siam Center, dan Siam Paragon. Mal berlantai 8 ini sangat gampang diakses dengan BTS Skytrain (stasiun National Stadium). Untuk melihat rute BTS Skytrain di Bangkok, klik di sini. Cara lain untuk menuju MBK Mall bisa disimak di bagian akhir posting ini.
 

Kenapa MBK

Apa yang membuat mal ini begitu popular di kalangan orang asing dan lokal? Saya bisa katakan: harga adalah alasan nomor satu. Anda akan menemukan bahwa harga barang-barang di sini relatif murah dan bahkan bisa dibandingkan dengan pasar akhir pekan Chatuchak atau Suan Lum Night Bazaar. Bagi anda yang suka menawar harga barang, anda masih bisa menyalurkan hobi anda di sini.

Alasan kedua, nyaman. Bisa dibilang, ini adalah pasar yang hampir segala ada dengan konsep modern sehingga membuat pembelanja nyaman. Mereka bisa meluncur dari kios ke kios, toko ke toko, restoran ke bioskop, selama berjam-jam seperti tanpa lelah karena udara AC mendinginkan kulit mereka dari berkeringat. Mereka tidak dimanjakan seperti ini di pasar Chatuchak.

Baca juga artikel tentang Chatuchak Weekend Market – Shop and Eat (Halal Food).

Ada lagi? Ya, variasi jenis barang yang seperti saya bilang tadi, hampir segala ada. Mungkin kita bisa mengingat Mangga Dua di Jakarta, tapi ini versi lebih moderen-nya dan lebih kompletnya. Dari kaos seharga 99 baht, suvenir untuk oleh-oleh, sutera Thailand, baju-sepatu, perhiasan, sampai furnitur ratusan ribu baht; dari makanan tradisional Thailand, restoran bermenu internasional, restoran waralaba, bioskop, sampai bowling lane, you name it. Total, ada sekitar 2000 kios/toko di mall ini menyediakan beragam barang dan jasa tersebut.

Karena kelebihan-kelebihannya itu, anda akan berjumpa dengan orang-orang dengan berbagai model dari berbagai negara; dari ibu-ibu dari timur tengah bercadar yang mengerumuni kios perhiasan, turis-turis Afrika bertato (yang kelihatan samar dikulitnya), bapak-bapak India berturban dan keluarganya, sampai bule yang bahasa inggris-nya “hancur“, you name it. Sering saat saya jalan di dalam mal yang sumpek di akhir pekan ini, terdengar percakapan dalam bahasa Indonesia di belakang saya. Tak salah lagi, ini juga adalah salah satu tempat favorit warga kita saat ke Bangkok.

 

Dari Beras ke Shopping Center

MBK Mall adalah salah satu anak perusahaan MBK Public Co.,Ltd. Anak perusahaan lain dari grup ini bergerak di bisnis hotel dan turisme (hotel Pathumwan Princess, hotel Sheraton Krabi, hotel Tinidee, MBK Leisure, The Fifth Food Avenue, dan Tantara Health Spa), bisnis lapangan golf (Riverdale Golf Club, The Loch Palm Golf Course, dan The Red Mountain Golf Course), bisnis real-estate (Plan Estate), bisnis beras (Patum Rice Mill and Granary), bisnis finansial (T-Leasing Company), dan bisnis lelang mobil bekas (Apple Auto Auction).

Sebetulnya, MBK Public Co.,Ltd. ini cikal bakalnya bernama Mah Boon Krong Drying & Silo Co.,Ltd. Dari namanya ketahuan bahwa bisnis nenek moyang grup ini adalah beras. Memang di Thailand ini agak tipikal. Beberapa perusahaan besar saat ini dulunya adalah pebisnis beras. Maklum Thailand adalah salah satu gudang beras dan eksportir beras utama dunia. Setelah mereka meraup untung dari perniagaan beras, mereka akan melebarkan usaha ke bidang-bidang lain hingga akhirnya jadilah konglomerasi bisnis.

Makanan (halal) dan Musholla

Urusan belanja di MBK bisa membuat lupa waktu dan kadang bisa membuat anda berdiri dan berjalan hingga beberapa jam. Setelah itu, dengan segera, lelah, haus dan lapar menyergap. Waktunya anda meluangkan waktu untuk makan, minum, dan sholat (kalau anda muslim dan telah masuk waktu sholat). Ini dia informasi di mana anda bisa mengisi perut dan beribadah.

Beberapa kafe dan restoran waralaba tersebar di lantai 1 dan 3. Namun di area ini sepertinya tak ada yang nyata-nyata memasang label halal. Jadi mari kita naik ke lantai berikutnya. Pusat makanan lain ada di lantai yang lebih atas, lantai 5 dan 6. Dimana ada makanan halal? Di lantai 5 paling tidak ada dua lokasi yang menyediakan makanan halal. Yang pertama dan paling baru adalah Restoran Yana (Yana Restaurant, Thai & International Halal Food). Restoran ini menyediakan masakan khas Thailand (macam tom yum dan som tam) dan menu internasional (macam steak dan french-fries). Banyak warga Indonesia yang jadi penikmat restoran ini. Informasi lengkap bisa di lihat di http://yanarestaurant.com/.

Lokasi kedua adalah The Fifth Food Avenue, sekumpulan restoran dengan menu dari berbagai negara. Lokasinya tepat di seberang Yana Restaurant. Di dalamnya ada restoran Indonesia (halal) bernama ‘Indonesian Food by Jimbaran Bali’ milik Dicky Surya (bisa lihat artikelnya di sini). Di lantai 6, ada food court yang di dalamnya ada kios yang menjual makanan halal juga.

Mushola juga tersedia di MBK, di lantai 6 dekat tempat parkir mobil. Kalau anda menanyakan mushola ke orang Thailand, tanya saja, “hong lamard, yoo ti nai, ka/kap?” (hong lamard = musholla/surau; yoo ti nai = di mana; kap/krap = tak bermakna literal, hanya penyopan: pakai “ka” kalau anda sebagai penanya adalah wanita, dan pakai “kap” kalau anda pria).

So, brother and sister, selamat berbelanja dan menikmati makanan halal dan nyamannya beribadah di hong lamard kecil di MBK Mall! :)

_______________________________

Beberapa cara menuju MBK Center/Mall

  • Bangkok Skytrain (BTS) – stasiun National Stadium; Juga dalam walking distance dari stasiun BTS Siam.
  • Taxi – bilang saja “MBK”  atau “Mah Boon Krong”.
  • Boat kanal Khlong Saen Saeb – Hua Chang pier.
  • Bus Biasa (non AC) No. 15 ,25 ,29 ,34 ,36 ,47 ,48 ,50 ,73 ,93 ,204
  • Bus AC No. 8 ,25 ,28 ,29 ,34 ,73 ,501 ,502

_______________________________
MBK Center
444 8flr.,Phayathai Road, Wangmai, Patumwan, Bangkok 10330 Thailand
Tel. (662) 620-9000 Call Center (662) 620-9111
E-mail: marketing@mbk-center.co.th
http://www.mbk-center.co.th
________________________________
Wassalam

About these ads

~ by syafnee on December 29, 2010.

3 Responses to “MBK Center (Mah Boon Krong) – Belanja dan Makan Halal (bahasa)”

  1. [...] MBK Center (Mah Boon Krong) – Belanja dan Makan Halal (bahasa) [...]

  2. kalau dari khao san road bagaimana bisa nyampe ke MBK?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: