Suatu hari, saya duduk sendiri di sebuah restoran kecil di depan meja kecil, menunggu pesanan tom yam saya diantar. Di sebelah kiri saya, sebuah meja panjang telah disiapkan, lengkap dengan mangkuk-mangkuk dan peralatan makan lain di atasnya. Sepertinya pelayan restoran ini akan menyambut sekitar 10 tamu sebentar lagi. Benar. Tak lama, masuk serombongan tamu berwajah melayu dan duduk di kursi di sekitar meja panjang itu. Telinga saya segera menangkap suara salah seorang pria yang nyarios sunda (bicara dalam bahasa Sunda) dan lainnya berbahasa Indonesia. Tak heran, restoran USMAN THAI MUSLIM FOOD yang homy milik Khun Usman ini memang dikenal baik di kalangan melayu muslim terutama dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand sendiri. Kalau anda sedang berkunjung ke Bangkok dan sulit mendapatkan makanan Thai yang enak DAN halal, di sini tempatnya. O ya, jangan khawatir dengan komunikasi, pemilik dan para staf restoran ini berbahasa melayu.

Siapa pemilik restoran ini? Seorang pria muslim ramah bernama muslim Usman (nama keluarganya adalah Samarn Yama). Asalnya dari provinsi Pattani di Thailand bagian selatan. Provinsi-provinsi di selatan yang berbatasan dengan Malaysia didominasi komunitas muslim yang berbahasa melayu Yawi. Itu lah mengapa Pak Usman dan staf-stafnya berbahasa melayu selain bahasa Thai. Master chef adalah istrinya sendiri. Mereka memiliki dua anak perempuan yang disekolahkan di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) di KBRI Bangkok. Selain mengelola restoran keluarga miliknya, Pak Usman juga masih aktif bekerja di hotel Queen’s Imperial Park yang bersebelahan dengan restorannya.

Apa saja yang disediakan di sini? Makanan khas Thailand bergaya selatan. Anda akan menemukan tom yam, kepiting masak kari, masakan berbahan ayam/cumi/ikan/daging sapi, salad, tumis sayuran, sop buntut, berbagai gaya nasi goreng, dan makanan lain yang dimasak a la Thailand selatan (lihat foto menu). Usman juga menjual pasta tom yam kaleng yang dia racik sendiri, kain-kain khas Thailand, dan aksesoris wanita (bros dan semacamnya).

Apa masakan yang direkomendasikan? Anda bertanya pada saya? Well, saya paling suka pesan tom yam udang atau sea food dan nasi putih. Kepiting masak karinya juga sedap. Sop buntut? jelas bukan hal baru bagi saya dan anda, tapi yang mereka sajikan juga mak nyus. Saya bisa katakan, apapun yang pernah saya pesan, semuanya aroi (lezat dalam bahasa Thai)!!

Bagaimana harganya? Mulai 55 baht hingga 220 baht per porsi (sekitar 16.000 – 65.000 rupiah). Lihat foto menu.

Bagaimana suasana restorannya? Pada dasarnya ini adalah ruko berlantai lima. Restoran di lantai satu dan dua. Sebagian lantai dua dan lantai selanjutnya adalah dapur dan tempat tinggal keluarga Usman dan para staf-nya (semua wanita muslim berjilbab dari Thailand selatan juga). Restoran tidak tepat di pinggir jalan, tapi masuk ke soi (gang) buntu di depan deretan ruko dimana restoran Usman berada. Restoran di lantai 1 dan 2 mungkin bisa menampung sekitar 40 tamu, ber-AC, nyaman dan homy.

Apakah saya bisa memesan tempat dan makanan? Tentu saja. Kalau anda ingin masakan sudah siap saat anda datang, anda bisa menelepon dan memesan makanan dan tempat dahulu. Cara ini terutama cocok kalau anda datang berombongan dan tak ingin menunggu lama saat masakan untuk rombongan dibuat. Anda bisa terus menyimak untuk menemukan nomor telponnya.

Kapan jadwal bukanya? Buka setiap hari kecuali JUMAT, mulai jam 10.00-22.00.

Dimana alamatnya? 259/9 Sukhumvit 22, Sukhumvit Road, Klongtoey, Prakanong, Bangkok 10110. Telpon: 081-855-7124 atau 0-2258-1135.

Bagaimana caranya ke sana? Kalau anda baru pertama datang di Bangkok, saya sarankan dulu anda mendapatkan peta gratisan yang banyak disebar di tempat-tempat umum. Sudah ada peta? Sekarang perhatikan di mana posisi anda di peta. Kalau anda dekat dengan jaringan skytrain/BTS, anda akan mudah menemukan restoran Usman ini yang tak jauh dari stasiun BTS Phrom Phong. Naik skytrain/BTS ke stasiun Phrom Phong. Dari sini anda bisa berjalan menuju soi (gang) nomor 22. Di dalam gang itu ada hotel besar Imperial Queen’s Park, sekitar 100 meter dari mulut gang. Hotel ini ada di sebelah kiri anda dan papan nama USMAN THAI MUSLIM FOOD berdasar kuning akan anda temukan di ujung halaman hotel dimana Usman bekerja ini. Berikut peta sederhananya. Lokasi restoran Usman berada di ujung bolpen.

Anda bisa lihat di peta tempat-tempat umum yang dekat dengan Usman Thai Muslim Food:

– Stasiun BTS Phrom Pong

– Emporium mall

– Taman Benjasiri

– Hotel Imperial Queen’s Park

– Hotel Regency Park Bangkok

– Hotel Grand Mercure park Avenue

– Kedutaan Iran

– Jalan Sukhumvit

Jadi, selamat berkunjung dan menikmati makanan Thailand yang lezat dan halal di restoran Pak Usman ini.

Anda sudah punya pengalaman di restoran ini? Anda bisa berkomentar di sini sebagai bagian dari penyebaran info bermanfaat bagi saudara muslim lainnya.