URGENT!!! Malam ini, Kamis 13/5/2010, salah satu pimpinan Red-Shirt Mayor Jenderal Khattiya Sawasdipol, yang terkenal dengan sebutan Seh Daeng, tertembak di bagian kepala di saat sedang diwawancara jurnalis asing di tengah area protes kaos-merah di Ratchaprasong.

Seorang saksi mata yang diwawancara CNN mengatakan bahwa Seh Daeng ditembak oleh sniper dari atas atap bangunan dekat Lumpini Park. Saat ini Seh Daeng dirawat di ICU Hua Chiew Hospital.

Siang ini media menginformasikan bahwa pemerintah akan menutup area Ratchaprasong, menambah jumlah personel tentara dan polisi, dan menutup beberapa stasiun BTS dan MRT yang dekat kawasan protes di Ratchaprasong (dekat Lumpini Park), mulai pukul 18.00. Belum jelas apakah tentara akan mengambil alih area tersebut malam ini. Namun tampaknya keributan telah terjadi mulai awal malam ini.

Seh Daeng terkenal sebagai ahli militer yang mengambil garis keras dan adalah pendukung mantan PM Thaksin Shinawatra. Dia lah yang menerapkan strategi bertahan para pemrotes kaos-merah dengan memasang barikade dari ban bekas dan bambu runcing di Ratchaprasong.

Streaming radio BBC melaporkan periodik kejadian langsung dari Bangkok dan suara reporter di latarbelakangi suara-suara tembakan. Sedangkan CNN di websitenya memasang video Seh Daeng yang tergolek dengan kepala berlumur darah, beberapa orang kaos-merah yang panik dan mencoba membopong Seh Daeng, dan jurnalis yang mengambil foto kejadian tersebut. Dramatis.

George di twitter-nya melaporkan state of emergency diberlakukan diprovinsi (selain Bangkok): Chonburi, Samut Prakan, Nonthaburi, Pathum Thani, Ayutthaya, Khon Kaen, Udon Thani, Chaiyaphum, Chonburi, Samut Prakan, Nonthaburi, Pathum Thani, Ayutthaya, Khon Kaen, Udon Thani, dan Chaiyaphum.

Laporan terbaru semenit uang lalu dari twitter-nya menginformasikan bahwa protester sudah mulai bentrok dengan tentara dengan melempari batu sementara tentara menembak ke udara. Tampaknya tiap detik keadaan makin genting. Apa yang akan terjadi berikutnya? Apakah akan jatuh korban lagi? Apakah pihak militer/polisi bisa mengambil alih Ratchaprasong?  kita tunggu perkembangan selanjutnya…… (posted pukul 22.43)

salam.