Cara termudah mencari makanan halal di Bangkok agaknya adalah mengidentifikasi dimana letak masjid karena hampir pasti di sekitar masjid ada komunitas muslim dan sebagian dari bisnis komunitas mereka adalah makanan halal. Seperti halnya di soi 7 jalan Petchaburi ini. Di sekitar masjid di soi ini, banyak tersedia makanan halal. Berikut ini posting pendek tentang masjid dan warung-warung halal di Jl. Petachaburi soi 7 atau yang biasa disebut soi Surao (karena ada masjid di soi ini).

Masjid yang berada di Petchaburi soi 7 ini bernama Masjid Darul Aman. Masjid yang berlantai dua ini berada tidak jauh dari jalan Petchaburi (jalan utama), kurang lebih sepuluh meter. Di sekitarnya adalah pemukiman muslim Thailand yang sebagian dari mereka berasal dari Thailand selatan dan berbahasa melayu. Khotbah Jumat disampaikan dalam bahasa Thailand. Lihat juga foto-foto Masjid Darul Aman sehabis posting ini.

Di sekitar masjid ini banyak sekali warung-warung makan halal dan sebagian darinya menyebut dirinya restoran muslim. Dua restoran kecil halal yang berada tepat di pinggir jalan Petchburi, tak jauh dari soi 7, adalah Restoran Farida Fatornee dan Makyah. Yang belakangan ini mengingatkan saya pada warung makan  langganan dekat kos saat saya kuliah di Jogja dulu, warung Mbak Yah. Foto-foto bisa dilihat di bawah.

Kalau kita masuk ke soi 7, tak jauh dari masjid bertebaran warung-warung makanan halal dan penjual muslim makanan kecil atau ayam panggang di pinggir soi. Sebut saja warung Hayati, warung Ali Selatan, dan lainnya. Menu makanan khas Thailand yang rasanya alhamdulillah dan harganya pun alhamdulillah.

Lokasi Soi Surao ini hanya sekitar 3 menit jalan kaki dari stasiun BTS Ratchatewi. Nah, ini juga berarti juga tak jauh – sekitar 5 menit jalan kaki -dari KBRI dan Athen Apartment di soi 11, markas besar mahasiswa Indonesia yang kuliah di Bangkok. Jadi tak heran kalau soi 7 menjadi tempat favorit teman-teman mahasiswa dan staf KBRI untuk beribadah di Masjid Darul Aman dan makan di restoran atau warung makanan halal disekitar masjid.

Foto-foto Masjid Darul Aman

Warung Halal

Menu di warung Ali Selatan: