Akhirnya, kereta Airport Link yang menghubungkan pusat kota Bangkok dan bandara Suvarnabhumi dibuka mulai hari ini Senin (23/8). Kereta nyaman Bangkok-Suvarnabhum yang memiliki kecepatan maksimum 160 km/jam ini ini beroperasi dari jam 6 pagi sampai tengah malam.

Menteri Transportasi Sohpon Zarum mengatakan Airport Link bisa membawa sampai 50.000 penumpang sehari dan menghasilkan pendapatan sebesar satu juta baht sehari (sekitar 290 juta rupiah).

Airport Link ini mempunyai 2 jenis layanan: City Line akan berjalan setiap 15 menit dan Express Line setiap 30 menit. Kedua layanan ini beroperasi dari jam 6 pagi sampai tengah malam.

City Line:

  • Memiliki 8 stasiun pemberhentian di Bangkok, mulai Phaya Thai, sebelum meluncur ke bandara Suvarnabhum (detil rute lihat tabel di bawah).
  • Kereta berangkat tiap 15 menit.
  • Durasi tempuh Phaya Thai – Suvarnabhum : 30 menit.
  • Tarif selama promosi sebesar 15 baht (flat). Tarif mulai 1 Januari 2011 sebesar 15-45 baht tergantung jarak tempuh.

Express Line:

  • Meluncur non-stop dari Makassan – Suvarnabhum (detil rute lihat tabel di bawah).
  • Kereta berangkat tiap 30 menit.
  • Durasi tempuh Makssan – Suvarnabhum : 15 menit.
  • Tarif selama promosi sebesar 100 baht (flat). Setelah sistem check-in selesai dipasang di Makassan, tarif menjadi 150 baht.
(Credit: Bangkokpost)

(Credit: Bangkokpost)

Layanan bagasi Airport Link belum selesai dipasang sepenuhnya. State Railway of Thailand (SRT) berharap layanan ini beroperasi sebelum akhir tahun ini. Penumpang dengan banyak tas/bagasi mungkin memiliki beberapa kesulitan selama proses check-in saat ini.

Layanan ini telah beroperasi sebagai uji-coba sejak 1 Juni 2010 dan telah menarik sekitar 17.000 orang yang bepergian Bangkok-bandara secara gratis.

Pembangunan proyek ini dimulai pada Juni 2004, dengan waktu penyelesaian ditetapkan Mei 2009 untuk dibuka bagi masyarakat pada Agustus 2009. Namun ternyata pembukaan tertunda akibat banjir di lokasi konstruksi, masalah pembebasan tanah, dan masalah power supply.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Airport Rail Link, hubungi hotline State Railway of Thailand di nomor 1690.

Sumber: Wikipedia

Baca juga:

Bangkok – Transportasi Publik (bahasa)