Kalau anda pengguna BTS/skytrain di Bangkok, maka anda tahu dimana National Stadium. Ya, tak jauh dari stasiun dengan nama sama, National Stadium, stasiun paling awal untuk rute National Stadium – Wongwian Yai.  Kalau anda penggemar olah raga, sepakbola khususnya, dan tinggal di Bangkok, maka National Stadium pasti ada dalam kamus anda. Penggemar sepak bola akan datang ke stadion kota Bangkok ini untuk menonton pertandingan, atau berjalan menyusuri gang-gang yang dipenuhi toko alat-alat olahraga persis di sebelah stadion untuk mencari kaos seragam klub favorit mereka.

Hal terakhir itulah yang saya lakukan Sabtu lalu. Setelah berolahraga sepakbola di KBRI (rutin tiap Sabtu pagi jam 08.00), saya dan Pak Ivan (rekan yang bekerja di Technip Engineering Thailand) menyambangi soi Chula 8, gang sebelah National Stadium, untuk berburu kaos sepakbola. Saya mengincar seragam timnas Indonesia (meski piala AFF telah usai, gemanya masih ada dalam dada saya), sedangkan Pak Ivan perlu menyablonkan nama beberapa pemain di kaos-kaos yang dia beli seminggu sebelumnya.

Sebelumnnya, saya pernah diberitahu Pak Deni dan Pak Cardana (rekan Indonesia yang bekerja di Toyota Thailand) dimana toko, satu-satunya toko, yang menjual kaos timnas Indonesia. Setelah Pak Ivan selesai dengan urusan penyablonan di toko di mana dia membeli kaos-kaos itu, kami berjalan menuju toko yang menjual kaos timnas itu. Tiba di sana, kami mendapatkan bahwa kami setengah beruntung. Kaos timnas Indonesia tersisa satu buah (dari 500 buah kaos pada awalnya), sementara Pak Ivan juga menginginkannya setelah melihat kaos itu. Apa boleh buat, hanya saya yang mendapatkan kaos itu.

Selesai dengan urusan kami, kami dan Pak Cardana, yang kami temui di situ sedang berburu kaos bola juga, berjalan kembali ke stasiun BTS untuk pulang. Sejenak saya teringat tentang spanduk bertuliskan Thai dan ‘halal’ dalam tulisan arab di pagar National Stadium tepat di seberang jejeran toko-toko olah raga tadi. Mungkin itu adalah warung makanan halal yang letaknya di dalam pagar dekat spanduk itu dipasang. Kami sepakat untuk memerikasanya dan makan di situ kalau memang betul itu depot makanan halal.

Spanduk depot halal di mulut Soi Chula 8

Spanduk depot halal di mulut Soi Chula 8

ami masuk ke halaman National Stadium melalui pintu kecil untuk segera mendapati bangunan depot makan itu. Di pintu bangunan terpasang tulisan ‘halal’ dan sepenggal kalimat dalam bahasa arab (‘Allah wahdahu laa syariikalah, muhammadun ‘abduhu wa rasuulahu’; adakah depot/restoran di Indonesia yang menempelkan kalimat ini di dinding mereka?). Saat kami masuk, kami lihat bergam lauk-pauk dipajang. Saat kami konfirmasi ke penjualnya, seorang wanita, benar bahwa dia muslim dan makanan yang dijualnya halal. Alhamdulillah, kami pun memesan makan siang kami di depot yang cukup bersih dan nyaman itu.

Pak ivan dan Pak Cardana menunggu makanan diantar

Pak ivan dan Pak Cardana menunggu makanan diantar

Menu standar masakan rumahan Thailand muslim: nasi buriyani ayam, lauk pauk ikan, tumis sayuran, sop buntut, daging sapi goreng, tomyam, dan sebagainya. Harga tak terlalu mahal. Satu set nasi, sayur, dan lauk berkisar antara 40-50 baht. Tak diragukan lagi, ini adalah oase untuk muslim di wilayah ini, wilayah yang banyak dari kita mengunjunginya karena kaos sepak bola.

Depot ini juga juga menjual martabak (atau disebut ‘mataba’ dalam bahasa Thai) yang gerainya ada di teras depot, tidak di dalam. Mataba pisang 50 baht, sedangkan mataba ayam 40 baht.

gerai martabak

gerai martabak

Khun Ivan dan Khun Cardana menanti martabak pesanan

Khun Ivan dan Khun Cardana menanti martabak pesanan

Bagaimana menuju ke sana? Sangat mudah. Turun dari skytrain di stasiun National stadium, ambil jalan keluar nomor 2, berjalanlah sejajar rel skytrain hingga rel tersebut habis. Di sebelah kiri akan anda temui Soi Chula 8. Di soi Chula inilah toko-toko olahraga betebaran. Tepat di pojok kiri soi Chula itulah depot makanan halal yang saya tak tahu namanya (tertulis dalam bahasa Thai) berada. Berbeloklah ke soi Chula 8 itu sekitar 10 meter dan anda akan mendapati pintu masuk kecil ke halaman National Stadium di mana depot itu berada. Sungguh mudah menemukannya.

foto toko olahraga FBT diambil dari depan depot makanan halal

foto toko olahraga FBT diambil dari depan depot makanan halal