Di Metro Atlanta, anda bisa menjangkau tempat berjarak 70-90 km (bahkan lebih) dengan mengendarai sepeda tanpa menjadi terlalu lelah meski topografi naik-turun.  Oh, ya? Tentu iya. Caranya dengan mengombinasikan ayuhan sepeda anda dengan bis dan kereta dalam kota. Pemerintah kota sudah mengatur bahwa transportasi publik – dikelola oleh  Marta (Metropolitan Atlanta Rapid Transit Authority) – mengakomodasi pesepeda: bus umum memiliki rak khusus sepeda di bagian depan, sepeda juga boleh naik kereta, dan sepeda tidak dikenakan biaya tambahan. Biaya transport menggunakan kendaraan umum yang dioperasikan Marta adalah $2.5 per trip (Rp. 22,000), jauh dekat sama saja. Mahal, ya? Ya, tapi kalau anda menuju ke satu tempat menggunakan kombinasi bis dan kereta, sejauh apapun, harga tetap sama. Berikut penjelasan lebih lanjut dan contoh perjalanan saya (rangkaian foto).

Kalau anda pergi dari A ke B menggunakan kendaraan umum, anda cukup membayar $2.5 meskipun anda berganti-ganti moda transport untuk mencapai B. Contoh, dari A anda naik bus (1),  sambung menggunakan bus (2), sambung menggunakan kereta (1), sambung menggunakan kereta (2), sambung menggunakan bus (3), dst. hingga anda tiba di B, biaya tetap $2.5. Kombinasi apapun dan sejauh apapun jarak A-B, tetap hanya $2.5, jika dan hanya jika durasi perjalanan kurang dari 3 jam. Kalau lewat dari 3 jam, maka anda dikenakan biaya tambahan sebesar yang sama, $2.5. Skema tersebut juga berlaku sama kalau anda membawa sepeda.

Siapa yang menghitung durasi perjalanan kita? Untuk menggunakan kendaraan umum, kita harus membeli kartu yang harus diisi semacam pulsa. Kita akan men-tap kartu itu di mesin khusus setiap kita naik bus/kereta dan secara otomatis ‘pulsa’ di kartu itu berkurang $2.5. Dari tap awal kartu itulah perhitungan waktu otomatis berjalan.

Berikut adalah contoh perjalanan saya menggunakan sepeda dari Decatur (timur Metro Atlanta) ke sungai Chattahooche di North Spring (utara Metro Atlanta).

Jarak: 40 km; Kombinasi transporter: (didahului mengayuh sepeda) – bus – kereta – kereta – bus – (dilanjutkan mengayuh sepeda); Durasi perjalanan: 3 jam (bisa 2 jam kalau saya tidak memilih menikmati sebagian besar perjalanan bagian akhir dengan mengayuh sepeda); Biaya: $2.5 one way (total $5 sampai di rumah kembali).

Mulai dari rumah

Tunggu di pemberhentian bus Marta (maaf, foto ini bukan di pemberhentian bus)

Naik bus Marta; Rak sepeda ada di depan bus (kapasitas cuma 2 sepeda)

Tunggu kereta di stasiun kereta Marta (kita bisa memakai eskalator atau lift saat kita membawa sepeda)

Naik kereta; Letakkan sepeda di ujung gerbong (agar tidak mengganggu penumpang lain)

Lanjutkan perjalanan (gowes) ke sungai Chattahooche

Tiba di sungai Chattahooche

Lanjut ke taman dekat sungai

Kembali ke rumah dengan cara yang sama

(Syafnee, GA, 030112, 0303pm)