Jumat lalu usai sholat Jumat di masjid Al Farooq (Midtown Atlanta), saya membelokkan sepeda saya ke tikungan yang tidak biasanya saya ambil. Alhamdulillah, re-routing itu menghasilkan salah satu penemuan terbaik selama saya ada di kota ini: rombongan mahasiswa Indonesia yang sedang berjalan pulang ke apartemen mereka dari masjid Al Farooq. Sehari kemudian, bersama dengan tiga orang dari  mereka, saya berkunjung ke resto Indonesia Tempo Doeloe.

 

Indonesian Students 

Berikut adalah foto para mahasiswa yang kuliah di Georgia State University tersebut (6 orang dari total 15 mahasiswa). Dari kiri ke kanan: Futu, Afid, Kresna, Syafni (blogger), Rizki, Arif, dan Marthunis. Fotografer adalah Ilham. Saya juga bertemu seorang lagi, Bayu (tidak ikut berfoto).  Kepala suku mahasiswa, yang tidak dipilih melalui kaukus atau pemilu, adalah Mas Marthunis (paling senior di antara mereka; asal Aceh). Saya lihat memang Mas Marthunis, yang juga pernah kuliah di Prancis, punya kharisma seorang penggembala….

Berfoto bersama mahasiswa Georgia State University asal Indonesia di apartemen 'kepala suku' Marthunis Muhammad (Jumat, 6 Jan 2012)

Total ada 15 mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Georgia State University: 13 dari Departemen Keuangan, satu dosen, dan satu staf Bappeda. Mereka mendapat tugas belajar dengan grant dari USAID untuk program Master di bidang  Applied Economics – Fiscal Policy. Mereka tinggal di apartemen di kawasan jantung Midtown, Atlanta.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dipertemukan Allah dengan saudara-saudara muslim dari tanah air ini. Dua orang dari mereka kenal dengan saudara-saudara yang saya kenal secara pribadi: Mas Kresna (lulusan Management FE UGM) kenal dengan sepupu saya, dan Mas Marthunis kenal dengan Ustadz Basri A. Bakar (Imam masjid raya Baiturrahman Aceh, yang Ramadan 2011 lalu, bersama dengan Imam masjid Baiturrhman lain, Ustadz Zamhuri, kami undang ke Bangkok).

 

Tempo Doeloe Indonesian Food Restaurant – Atlanta

Sabtu, sehari setelah bertemu dengan saudara-saudara mahasiswa dari Indonesia, saya berkunjung ke restoran Indonesia Tempo Doeloe di kluster bisnis bernama Intown Plaza di kawasan Doraville, jalan Bufford Highway, kota Atlanta. Intown Plaza dilewati oleh bus Marta nomor 39. Stasiun kereta Marta terdekat dari tempat ini adalah stasiun Doraville.

Tempo Doeloe Indonesian Food, berdiri sejak 2010, dikelola oleh keluarga Bapak Daniel asal Surabaya/Jakarta. Sebelum Tempo Doeloe ada, keluarga Pak Daniel mengelola Java Indonesian Food Mart (tepat di sebelah Tempo Doeloe) sejak 2006. Toko Java menyediakan produk-produk makanan dan bumbu-bumbu dari Indonesia.

Karena lama tidak makan sambal dan lalap ala Indonesia, saya pesan ikan (mujair) penyet dan pempek kapal selam pesanan istri. Mas Marthunis memesan tongseng, Mas Futu memesan nasi campur, dan Mas Ilham memesan ayam penyet (kalau tidak keliru).

Secara keseluruhan, saya suka dengan tempat ini. Makanan dan design tempat terasa homy, harga juga reasonable. Tapi yang paling mengesankan untuk saya adalah pilihan makanannya cukup banyak: mereka punya lebih dari 30 jenis makanan di daftar menu, belum termasuk daily special (menu pilihan yang hanya disediakan di hari-hari tertentu) dan semua makanan yang tersedia diklaim halal 100%.

Menurut Gloria (putri Pak Daniel), restoran paling ramai dikunjungi pelanggan di akhir pekan. Sebagian besar dari pelanggan (lebih dari 90%) adalah WNI atau keturunan Indonesia yang tinggal di Atlanta dan kota-kota sekitarnya. Pelanggan lain penikmat masakan Indonesia di resto  ini adalah warga lokal Amerika dan warga dari negara-negara Asia tetangga Indonesia.

Berikut adalah foto-foto Tempo Doeloe Indonesian Food dan Java Indonesian Foodmart.

 

TEMPO DOELOE INDONESIAN FOOD RESTAURANT

(klik foto untuk memperbesar)

 

KONTAK DAN MENU

(klik foto untuk memperbesar)

 

JAVA INDONESIAN FOODMART

(klik foto untuk memperbesar)

 

TEMPO DOELOE INDONESIAN FOOD RESTAURANT
JAVA INDONESIAN FOODMART
Address
5090 Bufford Highway Ste 110
Doraville, GA 30340 (Intown Plaza)
Phone: 770-455-4077 (Tempo Doeloe);  770-216-8616 (Java Foodmart) 

 

(Syafnee, GA, 12/1/2012, 1212pm)