Source: Republika TV
http://www.republika.co.id/embed/video/150409090047.mp4/150409090047.jpg/

masjid_edit_1

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK — Jalan Khao san, merupakan sebuah jalan kecil yang terletak di pusat kota Bangkok. Kawasan ini dikenal sebagai pusatnya backpaker dari seluruh dunia dan tidak pernah sepi untuk dikunjungi.

Penginapan murah, tempat makan, sampai bar ditawarkan di sini. Jalan Khao San akan semakin hidup pada malam hari. Musik gegap gempita terdengar dari sejumlah bar-bar. Semakin malam, para turis akan berkumpul dam berjoged di sepanjang jalan. Pemandangan yang sangat lumrah di Jalan Khao San.

Namun dibalik gemerlapnya kawasan ini, sebuah Masjid berdiri kokoh, tersembunyi diantara bar dan hotel yang menjamur di jalan Khao San. Masjid bernama Chakrabongse ini berada di gang Trok Surao. Dari mulut gang akan terlihat papan kecil yang dipasang sedikit rendah, untuk sekadar memberikan tanda.

Para penjual makan halal juga berjejer di sepanjang jalan menuju Masjid. Meski terletak di gang sempit, bangunan Masjid ini cukup luas. Suasana tenang yang kontras dengan hirukpik di jalan Khao San.

Masjid Chakrabongse sudah berdiri sejak seratus tahun lalu. Tercatat 300 warga muslim menetap di sekitar masjid. Karena lokasinya yang tak jauh dari jalan Khao San, banyak turis Islam yang menyempatkan sholat di Masjid ini. Sehingga Masjid akan ramai setiap mendekati waktu sholat.

Ada pemandangan yang berbeda di masjid Chakrabongse setiap memasuki jam lima atau usai sholat ashar. Sekolah Al-qur’an yang berada tepat di depan Masjid ini setiap harinya  mengadakan kegiatan pendalaman agama untuk anak-anak di gang Trok Surao. Pendalaman berlangsung hingga mendekati waktu magrib.

Islam sendiri bukan agama mayoritas di Thailand. Sekitar 95 persen penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha. Meski minioritas, Islam menjadi agama terbesar kedua di negeri gajah putih ini.

Negara ini juga berhasil menerapkan sistem toleransi beragama yang tinggi. Meski kuil bertebaran di setiap sudut kota, masyarakat muslim tetap diberikan izin untuk mendirikan masjid. Menurut thaiembassy.org, terdapat lebih dari 2000 masjid di Thailand, seratus di antaranya berada di ibu kota Bangkok.